Biografi Masashi Kishimoto-Pengarang Komik Naruto
Masashi Kishimoto lahir di Prefektur
Okayama,Jepang,8 November 1974; umur 35 tahun) adalah seorang mangaka
Jepang.Saat Kishimoto-smasih kecil, acara TV yang paling favorit salah
satunya adalah Doraemon. Semua teman-teman Masashi Kishimoto menyukai
Doraemon dan menggambar karakter-karakternya. Kishimoto-sensei adalah
yang paling perfeksionis. Ia menunjukkan bagian mana yang salah pada
gambar teman-temannya dan menunjukkan cara menggambar yang benar.
“Jika sekarang aku berpikir tentang itu, tentu saja aku adalah anak yang menyebalkan!” jelas Kishimoto.
Waktu
beranjak SD, Masashi Kishimoto sangat suka menggambar. Selama sekolah
ia mencoret buku catatannya dengan gambarannya, bahkan ia tetap
menggambar saat ia sedang bermain petak umpet dengan teman-temannya
sambil menunggu ditangkap. Anime favorit Kishimoto-sensei adalah
Doraemon, sampai suatu hari ia melihat Mobile Suit Gundam, semua yang
ia gambar adalah karakter dari anime tersebut.
Setelah tergila-gila menggambar
Mobile Suit Gundam, muncul anime baru, yaitu manga terkenal dari Akira
Toriyama-sensei: Dr. Slump. Masashi Kishimoto bercerita tentang betapa
ia tidak percaya, bagaimana bisa gambar Dr. Slump sangat bagus dan ia
mulai menggambar karakter-karakter anime itu. Ia bahkan sampai ikut
serta dalam lomba menggambar Arale-chan menggunakan crayon.
Menjelang kelulusan SD,
Kishimoto sangat tergila-gila pada Dragon Ball, manga paling terkenal
dari Akira Toriyama-sensei. Kishimoto-sensei sempat memberi perenyatakan
betapa ia sangat terobsesi pada Toriyama-sensei, “Beliau bagaikan dewa
bagiku, aku selalu menggambar tiap karakter yang bermunculan dalam
Dragon Ball.” Dan akhirnya Masashi Kishimoto membuat keputusan yang
tidak akan ia sesali. Ia mulai dengan berpikir “Manga itu luar biasa”
dan ia ingin menjadi mangaka populer seperti Akira Toriyama. Kishimoto
membuat karya pertamanya yang berjudul “Hiatari-kun”, tentang seorang
remaja ninja.
Ketika menginjak SMP, Kishimoto
memfokuskan diri pada hal lain selain menggambar. Baseball mengambil
bagian penting pada saat itu. Menggambarpun hampir tidak ia lakukan lagi
karena tidak ada waktu. Namun pada suatu hari ia melihat poster yang
menurutnya sangat bagus. Gambar itu ternyata adalah “Akira” karya
Katsuhiro Ootomo.
Kishimoto mulai menggambar
“Akira”, dan gaya gambarnya berubah banyak. Tapi, betapa banyakpun ia
mencoba meniru, ia tidak bisa. Mustahil untuk ditiru. Efek, desain, dan
setiap detil gambar tersebut amat berbeda dari mangaka lain. Akhirnya
Kishimoto-sensei menyadari, karya yang hebat adalah karya original, dan
meniru gambar orang lain tidak berguna.
Kishimoto mencoba menggambar
dengan cirinya sendiri, tetapi ia tetap tidak bisa. Ia pun akhirnya
menyerah dan mengahabiskan sepanjang masa SMPnya untuk meniru gambar
Ootomo-sensei.
Saat ia di kelas XI, Kishimoto
berhasil merampungkan komik pertamanya yang berisi 31 halaman. Ia
menanyakan pendapat adiknya. Tapi yang ia dapat hanya “Jelek”. Ia tidak
terima perkataan itu dan bertanya lagi pada ayahnya. Ternyata jawaban
ayahnya sama saja. Kishimoto tetap antusias dan mengirimkan komiknya itu
untuk Jump Magazine Award, tapi gagal dan komik itu selamanya menjadi
tumpukan terbawah pada meja gambarnya.
Kishimoto tidak menyerah dan
membuat banyak komik lagi. Tetapi komiknya selalu saja tidak bagus. Ia
heran mengapa komiknya tidak bagus dan apa yang membuat komik orang lain
bisa lebih bagus?Karena ia menghabiskan waktunya untuk mencari jawaban
tersebut, Kishimoto lulus SMA dengan peringkat 38 dari 39 siswa.
Keaaan menjadi serba salah. Tidak pandai menggambar komik, juga tidak
pintar di sekolah, lalu akan jadi apa ia nanti? Masashi Kishimoto tidak
menyerah dan berusaha lebih keras untuk menjadi mangaka Jump. Jika
sekarang Kishimoto mengingat kembali semuanya, Ia tidak banyak
berpikir, “Yah, semua akan berhasil!. Syukurlah karena aku bodoh!”
Awal Terbentuknya Komik...
Pertama Kishimoto bekerja sebagai seniman manga Karakuri, yang disampaikan kepada Shueisha pada tahun 1996. Pada tahun 1999 , Naruto adalah serial di majalah Shonen Jump, memenangkan yang bulanan "Langkah Hop Award". Naruto masih berlangsung, dengan lebih dari 40 jilid, dan telah terjual lebih dari 71 juta kopi di Jepang sebagai volume 36 , juga sedang diadaptasi menjadi dua anime sukses. Naruto manga telah menjadi salah satu Viz Media 's atas properti, [1 ] akuntansi selama hampir 10 % dari semua penjualan manga di tahun 2006. [2 ] volume ketujuh pembebasan Viz menjadi manga pertama yang pernah memenangkan Quill Award ketika mengklaim penghargaan sebagai "Best Graphic Novel" pada tahun 2006. [2 ] Sebagai volume 36 , manga telah terjual lebih dari 71 juta kopi di Jepang. [3 ] Dalam wawancara dan eksklusif dalam manga Naruto, dia sering menyebutkan almarhum tanaman, UKKI-kun. [4 ] Menurut Kishimoto, pertama kali dia punya pabrik kantor, karena suasana negara yang hilang, ia memberinya makan makanan tanaman yang belum dicairkan. Dia melanjutkan pembelian beberapa tanaman lain setelah itu, tapi banyak dari mereka tewas. [4 ] Ketika Masashi Kishimoto ini awalnya menciptakan seri Naruto, dia melihat ke Shonen lain manga untuk pengaruh ketika mencoba untuk membuat karakter yang unik mungkin. [5 ] mengutip Kishimoto Akira Toriyama 's Dragon Ball seri sebagai salah satu dari pengaruh ini, mencatat bahwa Son Goku, pemeran utama dalam Dragon Ball, adalah faktor kunci ketika membuat Naruto Uzumaki karena ia energik dan nakal kepribadian. [6 ] Untuk melengkapi Naruto, Kishimoto bekerja pada menciptakan saingan itu adalah "keren jenius", karena ia percaya ini adalah " saingan tipikal karakter". Setelah meninjau manga untuk ide-ide yang berbeda, ia akhirnya dikembangkan Sasuke Uchiha. Ketika menciptakan tokoh utama, Kishimoto mengakui, "Saya tidak punya gambar yang pasti tentang apa yang seorang pahlawan wanita harus". Dia akhirnya menciptakan Sakura Haruno, menekankan "genit energi dan semangat" sebagai ciri utamanya. Tiga karakter ini akan menjadi cetakan untuk tiga lainnya Naruto utama tim. [7 ] Untuk Kishimoto, Sasuke tetap karakter yang paling sulit baginya untuk menggambar. Sementara menggambar, kesalahan dan kecelakaan sering mengakibatkan penampilan muda Sasuke tersesat, akibat dari Kishimoto yang belum berpengalaman dalam menggambar karakter dewasa di luar tahun. [8 ] Meskipun waktu dan energi menghabiskan Kishimoto menggambar Sasuke, Sasuke telah menjadi karakter kesukaannya menggambar. [ 8 ] Ketika menggambar karakter, Kishimoto mengikuti lima langkah proses yang ia konsisten berikut: konsep dan sketsa kasar, penyusunan, tinta, shading, dan mewarnai. Langkah-langkah ini diikuti ketika ia menggambar manga yang sebenarnya dan membuat ilustrasi warna yang biasanya menghiasi sampul Tankōbon, sampul Weekly Shonen Jump, atau media lain, tapi kadang- kadang toolkit ia memanfaatkan perubahan. [ 9 ] Sebagai contoh, ia menggunakan sebuah airbrush untuk satu ilustrasi untuk sampul Weekly Shonen Jump, tetapi memutuskan untuk tidak menggunakannya untuk gambar-gambar masa depan sebagian besar disebabkan oleh pembersihan diperlukan. [10 ] Ketika Kishimoto adalah menciptakan setting manga Naruto, dia awalnya berkonsentrasi pada desain untuk desa Konohagakure, pengaturan utama dari seri. Kishimoto menyatakan bahwa desain Konohagakure diciptakan "cukup secara spontan tanpa banyak berpikir", tetapi mengakui bahwa pemandangan ini didasarkan pada rumahnya di Prefektur Okayama di Jepang. Kishimoto diciptakan Konohagakure tanpa menentukan masa tertentu atau lokasi di dunia nyata, mencatat bahwa desa adalah "hanya sebuah tempat di [ nya] kepala". Tanpa periode waktu tertentu, Kishimoto termasuk unsur-unsur modern dalam seri seperti toko-toko, namun secara khusus dikecualikan proyektil senjata dan kendaraan dari alur cerita. Untuk bahan referensi, Kishimoto melakukan penelitian sendiri ke dalam bahasa Jepang dan menyinggung budaya dalam pekerjaannya. Dalam sebuah wawancara, ia berkomentar bahwa dia "sering dilihat jepang kebun dan [pergi] untuk pertunjukan Kabuki" untuk bahan referensi. [11 ] Kishimoto menambahkan bahwa, sebagai Naruto berlangsung di sebuah " dunia fantasi Jepang," sang pencipta harus "menetapkan aturan-aturan tertentu, dengan cara yang sistematis" sehingga ia bisa dengan mudah " menyampaikan cerita." Kishimoto ingin "menarik" tradisi zodiak Cina, yang memiliki kehadiran lama di Jepang, tanda tangan zodiak berasal dari ini. Teknologi Mengenai Kishimoto mengatakan bahwa Naruto tidak akan memiliki senjata api. Dia bilang dia mungkin termasuk mobil, pesawat terbang, dan "rendah pengolahan" komputer; Kishimoto tertentu komputer akan "mungkin" menjadi delapan-bit dan bahwa mereka akan "tidak jelas" menjadi enam belas- bit. [12 ]
0 comments:
Post a Comment